Rabu, 27 Februari 2013

Facebook


Siapa sih yang tak kenal Facebook? Mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga orang tua berlomba-lomba memiliki akun Facebook yang ramai dan banyak teman. Apalagi, akses untuk mengelola Facebook sangat mudah dan murah. Hanya tinggal pergi ke warnet atau pilih-pilih paket internet yang sesuai dengan kantong, jari Anda seharian bebas menari-menari di Facebook. Mulai dari update status, upload foto pribadi, hingga chatting dengan tulisan, bahkan video chat, semuanya tinggal klik.



Dulu, Facebook hanya memiliki fitur terbatas, seperti upload foto, update status, dan komentar. Namun, sekarang Facebook semakin dikembangkan mulai dari tampilannya, fiturnya, dan kecanggihannya. Perkembangan Facebook ini membuat pengguna Facebook semakin setia, bahkan penggunanya semakin meningkat, khususnya di Indonesia.
Kemajuan ini didukung oleh perkembangan smartphone dan handphone lain yang menyediakan berbagai aplikasi Facebook yang mudah dan murah. Bahkan, Facebook ini menjadi salah satu fitur dalam tampilan menu handphone-handphone buatan China. Jadi, untuk mereka-mereka yang sebelumnya tidak bisa menggunakan internetpun bisa dengan mudah menggunakannya karena tampilan dan cara penggunaan yang mudah. Tak heran jika pengguna Facebook di Indonesia mencapai….orang.
Bagi pengguna Facebook jangan mau ketinggalan info dan fitur tentang Facebook. Kalau hanya bisa update status, share foto, atau komentar sih biasa. Kalau bisa bebisnis, bagi pengetahuan mengenai hal tertentu, membuat komunitas, bahkan menyalurkan hobby di Facebook, itu baru luar biasa. Nah, bagaimana ya caranya? Salah satunya adalah dengan membuat Facebook Page atau Halaman di Facebook. Bagi yang belum tahu, ini dia penjelasan tentang Facebook Page.


Facebook dan Penjelasan Tentang Facebook Page

Beberapa dari pembaca mungkin ada yang masih bingung mengenai Facebook dan Facebook Page. Sebenarnya memang hampir sama, tapi Facebook Page memiliki keistimewaan sebagai fitur Facebook yang lebih bisa mendunia dibandingkan dengan akun Facebook, sehingga isinya biasa berupa sesuatu yang menjadi minat masyarakat umum, bukan mengungkap diri pribadi. Perbedaan-perbedaan kedua hal ini, antara lain
  • Bila kita menggunakan akun pribadi maka hanya dapat berteman dengan 5000 orang saja, namun untuk Facebook fan page tidak dibatasi pada jumlah fannya.
  • Pada Facebook Page, update status tidak ada batasan karakter, namun untuk akun Facebook biasanya terbatas hanya 460 karakter. Hal ini memungkinkan pengguna Facebook Page untuk membagikan informasi secara luas dan lengkap. Bahkan, biasa digunakan untuk menginformasikan mengenai kegiatan, kata-kata mutiara, hingga hanya sekedar ‘joke’.
  • Pada Facebook Page terdapat topik diskusi serta agenda yang tidak dimiliki di laman profil Facebook biasa.
  • Dalam Facebook biasa, Anda harus mengirimkan permintaan pertemanan untuk dikonfirmasi oleh orang yang bersangkutan. Namun dalam Facebook Page atau halaman Facebook, tinggal klik like di samping halaman tersebut maka Anda sudah terdaftar sebagai anggota halaman tersebut. Hal inilah yang membuat Facebook Page memiliki banyak anggota. Karena, pemiliki Facebook Page tidak perlu mengkonfirmasi tiap user yang ingin bergabung.
  • Jangan kaget bila Facebook Page yang sudah di-like tidak ada di daftar teman, seperti pada Facebook biasa. Karena, Facebook Page yang sudah di-like hanya akan masuk pada keterangan info minat. Misalnya musik, buku, aktor, atlit, olahraga, perusahaan, dan lain-lain.


Fungsi Facebook Page

Fungsi Facebook Page sedikit berbeda dengan Facebook biasa. Bisa jadi Anda yang memiliki Facebook bertujuan untuk mendapatkan banyak teman atau sekedar iseng. Namun, Facebook Page memiliki tujuan khusus yang berbeda, tergantung dari isi dan konsep Facebook Page tersebut. Perusahaan yang ingin melakukan promosi di media sosial biasanya menggunakan Facebook Page sebagai garda depan. Menjaring suara pelanggan melalui Facebook diyakini lebih besar dampaknya daripada melakukan survei manual. Facebook Page tidak hanya menjalin komunikasi antara produsen dengan konsumen, namun juga bisa dijadikan alat untuk promosi virtual. Fungsinya anatara lain :
  • Menjadi media alternatif untuk menjaring suara konsumen. Dalam artian, jika konsumen mengeluhkan suatu produk, mereka secara otomatis akan mengadu ke costumer service (CS). Sudah menjadi rahasia umum jika pelayan CS sangat lama dan membutuhkan waktu. Facebook Page dapat dijadikan media alternatif itu.
  • Menjadi media survei bagi produsen ke konsumen. Perusahaan dapat memanfaatkan Facebook Page untuk melakukan survei terhadap produk yang akan dikeluarkan atau sudah dikeluarkan.
  • Menjadi media promosi. Publikasi berbagai produk baru yang diluncurkan, bisa menjadi senjata ampuh dalam media promosi. Dari publikasi lewat Facebook Page tersebut, perusahan akan mendapatkanfeedback dari konsumen.
  • Menjadi media diskusi. Dalam Facebook Page terdapat menu panel diskusi. Menu ini dapat dijadikan media diskusi komunikasi antara produsen dengan konsumen.
  • Menjadi media penyampaian agenda. Apabila ada event yang akan diadakan oleh perusahaan terkait promo atau program rutin dapat dipublikasikan di Facebook Page dan dibaca oleh anggotanya.
  • Menjadi kekuatan Social Media yang mempengaruhi konsumen dalam ‘kampanya terselubung’. Dalam artian, produsen dapat memberikan sugesti kepada konsumen melalui Facebook Page. Misalnya, jika ada orang yang meng-update status tentang pendapatnya setelah memakai produk A, dan update status tersebut dibaca teman-temannya, bukankah itu hubungan yang saling mempengaruhi. Bisa dikatakan, updates status tadi adalah ‘kampanye terselubung’ dari konsumen. Adapun pihak perusahaan tidak memintanya, bukan?
Facebook untuk public figure juga memiliki fungsi tersendiri, antara lain
  • Mengumpulkan fans yang memiliki akun Facebook, hal ini akan sangat berguna untuk mengetahui jumlah fans dan ketertarikan mereka terhadap figure yang ada dalam halaman tersebut.
  • Sebagai media promosi album terbaru, film terbaru, iklan yang dibintangi, atau hal-hal lain yang berhubungan dengan kegiatan keartisan yang dilakukan public figure tersebut.
  • Menjadi tempat curhat fans dan diskusi antar fans. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk menunjang karir si public figure tersebut.
  • Sebagai akun untuk mengekspresikan pikiran public figure tersebut, biasanya berupa kata-kata mutiara, kata-kata semangat, dan kalimat-kalimat yang mendukung image public figure tersebut di masyarakat.
Acara tv, film, buku, hobby, olahraga, komunitas, dan lainnya juga menggunakan Facebook Page untuk menginformasikan aktifitas mereka dan mengumpulkan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Halaman-halaman semacam ini justru menjadi halaman yang menarik, karena orang dari seluruh dunia dengan minat yang sama bisa saling berkomentar mengenai hal yang mereka sukai.

0 komentar:

Posting Komentar